Senin, 15 April 2013

Ciri-ciri Belajar


Ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut.
1.     Perubahan yang terjadi secara sadar.
Individu yang belajar akan mengalamin perubahan, sekurang-kurangnya individu telah merasakan terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya. Contohnya seorang anak yang mulai bisa menulis akan memiliki kebiasaan baru membuat coretan-coretan tulisan atau huruf- huruf yang ia pelajari
2.     Perubahan dalam belajar bersifat aktif dan positif
Belajar seharusnya membuat seseorang lebih baik atau lebih cakap dalam bekerja. Contohnya jika seorang balajar computer, lama kelamaaan ia akan semakin mahir dalam menggunakan computer, misalnya dapat mengetik lebih cepat dan lebih sedikit membuat kesalahan. Perubahan-perubahan itu bertujuan memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian semakin banyak atau semakin intensif usaha belajar itu dilakukan maka akan semakin baik perubahan yang diperoleh.
3.     Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya. Misalnya seorang anak yang belajar menulis, awalnya hanya mengenal huruf atau abjad, kemudian berkembang menjadi kata, selanjutnya akan berkembang lagi menjadi kalimat, hingga akhirnya ia dapat membuat sebuah karangan. Kemudian kemampuan tersebut masih dapat dikembangkan lagi sesuai dengan usaha belajar yang dilakukan oleh individu tersebut.
4.     Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.
Ilmu pengetahuan yang kita peroleh relative akan selalu melekat dalam ingatan kita, meskipun pengetahuan itu diperoleh melalui pengalaman. Misalnya jika mula-mula tidak bisa naik sepeda, setelah belajar maka kita bisa naik sepeda, dan hasil dari belajar itu umumnya adalah permanen.
5.     Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah
Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa perubahan tingkah laku yang terjadi disebabkan adanya tujuan yang akan dicapai. Perubahan dalam belajar terarah pada perubahan tingkah laku, yang benar-benar bisa disadari. Contohnya belajar menjahit akan terlihat hasilnya misalnya pada hasil jahitan yang semakin rapi.
6.     Perubahan mencakup seluruh tingkah laku.
Perubahan dalam belajar mencakup seluruh aspek tingkah laku individu. Misalnya perbuatan, perkataan, sikap, dan kebiasaan.
Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, kita melihat bahwa definisi belajar cenderung menitik beratkan pada usaha tiap individu yang seringkali berkaitan dengan ketekunan, keteguhan hati, dan intensitas belajar itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar