Rabu, 09 Januari 2013

Fungsi Manifes Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia


            Ilmu dan teknologi merupakan dua unsur yang dapat mengubah kehidupan manusia. Penerapan ilmu dan teknologi dapat mengubah kehidupan manusia menjadi lebih sejahtera, atau bisa sebaliknya menjadi bencana bagi kehidupan manusia.
            Alexander Graham Bell, penemu telepon misalnya, telah mengubah kehidupan manusia menjadi lebih mudah walau dibatasi oleh jarak geografis yang cukup jauh. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetehuan dan teknologi, seperti digambarkan oleh John Naisbiit dan Patricia Aburdene (1990) pada tanggal 24 Desember 1988 kabel telepon serat optik yang pertama melintasi samudra atlantik mulai dioperasikan.
            Perkembangan teknologi komunikasi tersebut tidak hanya terbatas pada telepon kabel, namun beberapa perusahaan telekomunikasi mengembangkan teknologi komunikasi seluler. Teknologi komunikasi ini memungkinkan seseorang untuk melakukn mobilitas sangat tinggi. Tenologi ini tidak dibatasi ruang dan wakt, dapat dibawa kemana-mana, bahkan mempunyai daya jangkauan ke seluruh dunia.
Telekomunikasi akan terus  mendorong perubahan. Dalam telekomunikasi ini kita bergerak ke suatu jaringan informasi tunggal seluruh dunia, sama seperti kita secara ekonomi menjadi suatu pasar global. Kita bergerak menuju kemampuan untuk mengkomunikasikan apapun kepada siapa saja, dimana saja, dengan bentuk apa saja - suara, data, teks, atau citra (image) – dengan kecepatan cahaya.
            Setiap negara didunia selalu dihadapkan pada penyediaan bahan bakar minyak yang semakin langka. Eksplorasi dan eksploitasi secara terus menerus dan besar-besaran yang dilakukan oleh beberapa negara, termasuk Indonesia berdampak pada semakin menipisnya jumlah persediaan jumlah bahan bakar tersebut.  Beberapa negara mencoba untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak tersebut dengan mencari sumber energi alternatif. Pemanfaatan sinar matahari, uap, air, dan nuklir terbukti dapat menghasilkan tenaga listrik dalam kapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan listrik di masing-masing negara.
            Dunia perbankan telah mengembangkan sistem pelayanan terhadap nasabah dengan menggunakan sistem komputerisasi dan otomatisasi. Dengan menggunakan networking system, bank-bank dapat melayani nasabah dengan cepat. Dengan mengembangkan teknologi ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pelayanan bank dapat dilakukan di berbagai tempat. Demikian juga, perbankan mengembangkan alat transaksi uang elektronik (elektronic money) berupa kartu kredit (credit card). Alat ini dapat dipakai untuk melakukan berbagai transaksi, seperti pembelian barang dan/atau jasa atau bahkan dapat dipakai untuk pengambilan uang tunai.
            Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi instrumen penting bagi manusia untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya alam yang ada disekitarnya yang dibutuhkan untuk menjamin kelangsungan hidupnya. Manusia dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengungkap potensi sumber daya alam yang sebelumnya masih menjadi misteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar