Selasa, 08 Januari 2013

Fungsi Laten Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia


         Manusia telah dihadapkan pada tantangan terhadap perkembangan teknologi yang semakin tak terbendung. Manusia dihadapkan pada tantangan apakah manusia mengendalikan teknologi atau menjadi budak teknologi. Perkembangan teknologi tidak hanya berimplikasi pada kesejahteraan kehidupan manusia, melainkan juga memiliki implikasi normal dan bahkan menjadi faktor destruktif bagi kehidupan manusia.
       Hasil-hasil penelitian tentang pengaruh revolusi hijau (green revolution) terhadap kehidupan masyarakat di pedesaan seperti dilakukan oleh Amaluddin, Siahaan, Triono, dan Karno menunjukan bahwa penerapan teknologi melalui kebijakan green revolution berdampak pada memudarnya hubungan-hubungan soal di wilayah pedesaan. Masyarakat pedesaan menjadi semakin rasional. Artinya, hubungan-hubungan sosial yang dibangun tidak lagi mempertimbangkan aspek sosial dan moral, melainkan lebih menggunakan pertimbangan rasionalitas.
            Bagi perusahaan yang berorientasi pada keuntungan (profit oriented), penggunaan teknologi canggih merupakan pilihan yang rasional. Sebaliknya, penggunaan tenaga kerja (buruh) dalam jumlah besar dianggap tidak menguntungkan secara ekonomik. Teknologi canggih sudah tentu padat modal, bukan padat karya. Karena itu penerapannya isebuah  perusahaan akan meminggirkan tenaga kerja manusia (buruh). Akibat nyata dari masalah ini adalah adanya kebijakan perusahaan untuk melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
            Saat ini kita mengenal apa yang disebut dengan uang elektronik (electronic money). Dengan uang elektronik ini seseorang diberi kemudahan untuk melakukan transaksi bisnis. Uang elektronik ini juga mampu meretas batas-batas geografis dan waktu. Penggunaan lain dari uang elektronik ini adalah mempermudah penjahat untuk menghilangkan barang bukti. Hasil kejahatan, seperti hasil korupsi, dapat dengan mudah dan cepat dipindahkan ke negara lain melalui kegiatan transfer antar bank. Hasil kejahatan yang disimpan di bank-bank tertentundi luar negeri acapkali justru mendapatkan jaminan kerahasiaannya.
Kartu kredit (credit card)  menjadi contoh lain.  Kartu ini secara cepat dan praktis dapat digunakan untuk melakukan transaksi beanja dimana saja dan kapan saja di seluruh penjuru dunia.
            Kegandrungan masyarakat terhadap teknologi komputer akhir-akhir ini nampaknya akan mengingkari seluruh asas perikemanusiaan dan menjadikan umat manusia sebagai budak komputer. Dengan teknologi komputer sebuah institusi dapat menyediakan informasi khusus  maupun umum kepada anggota masyarakat melalui penyimpanan data sentral (central data base).
            Era besar bioteknologi telah berada di tengah-tengah kehidupan pada awal abad ke-21 ini. Salah satu bioteknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini adalah rekayasa biologis. Rekayasa biologis merupakan sejenis upaya untuk mengendalikan diri manusia dan lingkungannya secara biologis. Kehadiran rekayasa biologis ini menimbulkan masalah moral yang serius. Ini terutama terbukti dengan munculnya kemungkinan untuk mengendaikan genetika.
            Rekayasa biologis  juga mempunyai implikasi penting bagi pertumbuhan penduduk. Gen adalah instruksi dimana karakteristik orang tua diteruskan kepada keturunannya. Namun gen merupakan deskripsi protein, bukan deskripsi sirkuit atau bantalan, dan instruksinya ditulis di dalam kode bukan di atas kertas, melainkan di atas moleku DNA (Deoxyribonucleicacid), yang memberikan banyak ruang untuk merekan instruksi rinci.
            Program KB telah terbukti mampu mengenalikan laju pertambahan penuduk di Indonesia. Bahkan pada tahun 1980-an dan tahun 1990-an Indonesia dianggap sebagai negara yang berhasil menerapkan program KB. Negara-negara sedang berkembang lainnya yang menghadapi persoalan kependudukan banyak yang melakukan studi banding ke Indonesia untuk melihat keberhasilan tersebut. Dibalik keberhasilan tersebut, program KB mempunyai fungsi laten yaitu maraknya penggunaan alat-alat kontrasepsi seperti pil, kondom, IUD, dan obat suntik untuk mencegah kehmilan yang dilakukan oleh pasangan seksual yang tidak diikat oleh tali perkawinan. Alat kontrasepsi dapat memberikan peluang kepada meeka untuk melakukan hubungan seksual di luar ikatan pekawinan.
            Ilmu kedokteran yang canggih juga memungkinkan prktik-praktik aborsi. Banyak kasus menunjukan baha terjadi praktik-praktik pengguguran kandungan yang dilakukan  oleh dokter-dokter  tertentu di berbagai kota besar, tidak hanya di Indonesia tetapi juga diseluruh dunia.
            Eksplorasi dan eksploitasi terhadap kandungan minyak, emas, tembaga, batu bara, uranium, dan hutan, yang jumlahnya melimpah, selain dapat mendatangkan kesejahteraan bagi manusia, juga dapat mendatangkan bencana bagi kehidupannya. Daya dukung alam bersifat relaif dan memiliki keterbatasan.
Tindakan manusia secara positif mampu mengembangkan daya dukung ligkungan, tetapi dilain pihak tindakannya itu berkecenderungan mengganggu keseimangan ingkungan. Salah satu kecenderungan tersebut adalah sifat menyederhanakan komposisi komponen-komponen ekosistem dengan membuat ekositem buatan. Ekositem alamiah yyang memiliki keanekaragaman komponen dan komunitas biologisnya, ada pada suatu keseimbangan yang telah berlangsung rastusan bahkan jutaan tahun. Oleh tangan manusia keanekaragamn manusia tersebut disederhanakan, paling tidak ada beberapa komponen atau unsur yang dikeluarkan dari ekosistem tersebut.
Banyak contoh kasus yang dapat dikemukakan disini. Misanya, penebangan hutan yang dilakukan secara besar-besaran tanpa disertai upaya koservasi akan menyebabkan hutan tersebut gundul. Banjir yang diakibatkan oleh penebangan hutan tersebut juga berdampak pada kehidupan manusia di sekitar lingkungan tersebut.
Eksplorasi kandungan bahan tambang, seperti minyak, emas, batu bara, tembaga, dan lainnya, memang telah terbukti dapat mendatangkan devisa dan menciptakan lapangan pekerjaan. Namun dampak lingkungan yang acapkali tidak diperhitungkan adalah terganggunya ekosistem di lingkungan tersebut.
Tenaga nukir telah terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan manusia. Tenaga nuklir dapat dipakai sebagai alternatif untuk menyediakan energi listrik. Namun, dibalik keberhaslan tersebut reaktor nuklir menyimpan sejumlah ancaman bagi kehidupan manusia. Reaktor nuklir jika tidak dijaga dengan baik akan menjadi potensi bencana yang dapat menghancurkan kehidupan manusia.
Reaktor nuklir juga tidak hanya dipakai untuk mrnghasilkan energi listrik, melainkan juga dapat dipakai untuk menghasilkan senjata pemusnah massal. Pengembangan teknologi ini selain memenuhi kebutuhan  pertahanan sebuah negara, juga mempunyai fungsi laten diantaranya semakin meningkatnya ketegangan antar negara.
Pengembangan persenjataan, termasuk didalamnya senjata nuklir, yang dilakukan pada masa perang dingin telah terbukti mampu meningkatkan ketegangan dunia, terutama ketegangan antara blok barat dan blok timur.
Pengembangan dan pemakaian teknologi persenjataan telah menimbulkan dampak kemanusiaan yang sangat besar. Perang dunia I dan II, serta rangkaian perang yang mengakibatkan antar negara menimbulkan bencana kemanusiaan. Dibalik serangkaian peristiwa perang tersebut terdapat fungsi laten dari perang yaitu adanya aktifitas perdagangan senjata yang dilakukan baik oleh individu, korporasi, maupun negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar