Selasa, 14 Mei 2013

Pesona Banyuwangi "The Sunrise Of Java"


Banyuwangi ,,,

     Siapa yang tidak mengenal Kabupaten/Kota di ujung timur Pulau Jawa tersebut?? Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki luas daerah sangat luas yaitu 5.782,50 km. Selain luas,  Banyuwangi juga mempunyai beragam budaya dan tempat wisata yang indah serta menawan tentunya yang sudah terkenal hingga ke luar Negeri. Kekayaan alam di Banyuwangi dibuktikan dengan masih asri nya hutan yang ada,dimana hutan-hutan yang ada masih terawat dengan baik.

      Triangle Diamonds adalah branding pada tiga destinasi wisata unggulan di Banyuwangi, Jawa Timur. Jika ditarik garis lurus yang menghubungkan ketiganya maka akan tergambar bentuk segitiga. Ketiga destinasi wisata alam ini memang pantas untuk dibanggakan, masing-masing mempunyai keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kawah Ijen dengan kawah belerangnya yang misterius, pantai Plengkung dengan ombak dasyat dan langka yang disukai para surfer mancanegara serta pantai Sukamade dengan penangkaran penyunya yang atraktif! Belum lagi taman nasional Alas Puwo yang mengelilinginya dan kehidupan  masyarakat Osing yang tinggal di dalamnya. Benar-benar paduan destinasi yang mengagumkan ..

Pesona Kawah Ijen
Dahsyatnya ombak di Pantai Plengkung





Pantai Sukamade
                                                                         





Taman Nasional Alas Purwo


    Tidak hanya itu saja shobat, ada lagi nih ... 


1. Pantai Watu Dodol
     Pantai watu dodol terletak di sebelah utara Banyuwangi yaitu perbatasan Banyuwangi - Situbondo. Posisi pantai ini sendiri tepat di sebelah jalan raya propinsi. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang indah sejenak ketika sedang istirahat perjalanan. Di pantai ini terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Yang ke dua yang baru saja di bangun adalah Patung penari gandrung di bibir pantai. keadaan pantai ini bersih dan indah. airnya biru jernih dengan pasir nya yang di hiasi batu batu (batu dodol) di salah satu bibir pantai. Uniknya di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. dan rasanya tawar dan bisa di minum. Tak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah. Jika menyaksikan panorama pantai dari bukit ini maka sungguh jelas indahnya biru laut watu dodol.

2. Agrowisata Kali Bendo
     Tempat ini terletak di Bagian Barat Banyuwangi kira kira sekitar 20km dari kota. tepat pada jalur menuju kawah ijen. Wisata ini terdapat di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami. Pemandangan khas nya adalah tanaman Cengkih,karet,kopi dan lain lain. Di Kalibendo juga terdapat sungai yang jernih dan asri yang menjadi tempat favorit pengunjung melepas kepenatan hiruk pikuk kota. di sni juga terdapat Air terjun yang indah dan menjadi tempat favorit anak anak muda untuk berwisata bersama teman temannya. tapi yag jadi daya tarik utama dari tempat ini adalah udaranya yang sejuk dan suasana pedesaan yg masih tradisional. Tentu dengan adanya sungai yang jernih dan dingin menjadi daya tarik tambah buat tempat ini. Sebelum turun menuju sungai juga terdapat Lapangan sepak bola milik masyarakat kalibendo.

3. Air Terjun Lider
      Lider berada di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon banyuwangi. Merupakan air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi. Medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Melewati hutan dan serta perkebunan yang jalannya belum ter aspal. Tepat sampai di pemukiman warga kita memarkirkan kendaraan kita. Setelah itu kita berjalan kaki menuju lokasi air terjun ini. Setelah sampai di bibir jurang, tunggu dulu..perjuangan belum selesai. medan yang sulit dan tebing tebing curam dan terjal akan menemani suasana perjalanan anda. melewati beberapa anak sungai yang lumayan sulit, di tengah perjalan juga terdapat air terjun kecil. Untuk menuju air terjun utama kita bisa melanjutkan perjalanan lagi. tentu harus penuh perjuangan. Setelah sampai, siap siaplah mata anda terpana akan keindahannya. ketinggian yang sempurna dengan volume air yang besar. Di sisi sisi air terjun utama juga terdapat air terjun kecil kecil yang menkajubkan mata. Untuk menuju tempat ini perlu jiwa berpetualang. tapi di jamin, perjuangan berat anda akan terbayar dengan keindahan nya.

4.  Pulau Merah (Red Island)     
     Pulau Merah terletak di daerah selatan Banyuwangi. Pantai ini begitu indah dengan ombak yang pas untuk ber surfing ria. Di tengah tengah terdapat pulau kecil atau bukit yang tanahnya berwarana kemerahan yang karena itu tempat ini di sebut pulau merah. keadaan pantai nya juga masih cukup bersih dengan pasir putih yang mempesona. Tidak akan bosan menikmati tempat ini. Jika senja tiba kita juga bisa menyaksikan sunset yang indah. Pulau merah memang terbilang cukup jauh dari Kota dan medan nya pun bermacam macam tingkat kesulitannya. Banyak pengunjung di tempat ini. Jadi tak perlu takut bermain dengan ombak besar karena banyak orang di sekitar kita. tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan teman - teman.

5. Pantai Rajeg Wesi
  Pantai ini letaknya di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran. Jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi. untuk menuju pantai ini kita harus melewati daerah perkebunan. Penduduk di sini pun ramah ramah dan akan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat. Pantai nya yang Bersih dengan pasir putih yang indah membentang yang di batasi bukit bukit hijau yang indah. Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan merasa bosan. karena pantai ini juga dekat dengan pegunungan, tentu udara disini  tak panas seperti pantai pantai pada umumnya. Ombaknya pun tak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang. Tempat ini juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

6. Teluk Hijau (Green Bay)
     Teluk Hijau berada di kecamatan pesanggaran dan juga masih di kawasan taman nasional Meru Betiri. dan pasti kalian sudah tahu setiap pantai di kawasan Banyuwangi selatan adalah indah dan boleh di bilang pantai surganya Banyuwangi. Untuk menuju tempat ini kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg wesi ataupun Sukamade. namun Teluk hijau sendiri lebih dekat di banding  dua tempat itu. Pemandangan indah dan menakjubkan jiika di lihat dari atas bukit. tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut yang bersih. Tapi kamu belum sampai tujuan pantainya alias tujuan utamanya. Kebanyakan di Taman Nasional Meru Betiri ini adalah tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi. sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihan teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. padahal jika ingin menyusuri sedikit hutan dan bukit pasti sampe Pantainya. tapi pantai utamanya ada di balik bukit. Dan, welcome pada surga pantai yang sesungguhnya. Menurutku panorama alam di sini jauh lebih indah di banding Sukamade atau Rajeg Wesi. pasir yang putih,air yang bening, serta di tengahnya tak jauh dari pantai ada bukit atau pulau kecil.

      Dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang lainnya lho!!!
      Tentunya sangat indah dan mempesona deh, dijamin PUAS kalau  berwisata ke Banyuwangi ...
     Belum lagi Ragam Kesenian dan Budayanya, serta makanan-makanan khasnya ,,, Rugi banget pokoknya kalau tidak datang dan mencoba ... Di Banyuwangi ada yang namanya Rujak Soto dan Sego Tempong shob, dijamin ketagihan pokoknya ...

Apalagi sekarang Banyuwangi sudah memiliki Bandara shob, hanya butuh waktu beberapa menit saja sudah sampai ke Banyuwangi shob ...

Gak bakalan nyesel deh menghabiskan waktu liburan di Banyuwangi, ketagihan malah ...
Kalau pengen tahu lebih lengkapnya shobat buka deh website resminya Kabupaten Banyuwangi http://www.banyuwangikab.go.id/

     Saat ini Banyuwangi (di bawah Pimpinan Bapak Abdullah Azwar Anas, M.Si.) berkembang sangat pesat shob, prestasi demi prestasi telah di raih oleh Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi always in My Heart
I LOVE BANYUWANGI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar