Sabtu, 23 Februari 2013

Beberapa Hal Penyebab Tidak Terkabulnya Doa

Tidak sedikit kita jumpai orang yang mengeluh dikarenakan doa-doa yang telah mereka panjatkan tidak terkabul, dalam hal ini ada kemungkinan doa mereka dikabulkan tapi masih ditunda atau memang doanya tidak didengar oleh Allah SWT. Ada beberapa orang yang tidak akan didengar dan dikabulkan doanya oleh Allah SWT, mereka diantaranya adalah :

1. Orang yang menggunakan barang haram.
Orang-orang yang menggunakan barang haram untuk keperluan hidupnya akan terhalang doanya, Allah SWT tidak akan tidak akan mendengar dan mengabulkan doanya. Apakah itu pakaiannya, makanan nya, minuman nya, atau benda yang lain nya.

2. Orang yang tergesa-gesa ingin doanya segera dikabulkan
Allah SWT Maha Mendengar doa hambanya,dengan kebijaksanaan-Nya, Allah SWT mengetahui yang terbaik untuk hamba-Nya, apakah akan mengabulkan doanya atau tidak. Jika dikabulkan, akan disegerakan atau tidak.Rasulullah SAW bersabda : "Akan dikabulkan doa seseorang diantara kamu, selama ia tidak meminta disegerakan dan berkata : Aku sudah berdoa namun tak kunjung dipenuhi". (HR. Bukhari)

3. Orang yang tidak yakin ketika berdoa
Seseorang yang berdoa harus yakin bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doanya. Sebab Allah SWT tidak akan mengabulkan doa orang yang tidak yakin ketika berdoa. Rasulullah SAW bersabda : "Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan akan dikabulkan"(HR. Tirmidzi). Orang yang berdoa kepada Allah SWT harus berprasangka baik terhadap Allah SWT, bahwa Allah SWT akan menetapkan yang terbaik baginya. Apapun hasil yang diperoleh dari doanya, ia akan terus lapang dada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar