Jumat, 15 Februari 2013

Fungsi Agama Menurut H.M.Rasjidi

H.M.Rasjidi menjelaskan fungsi-fungsi agama sebagai berikut :

1. Agama sebagai sistem kepercayaan, agama akan memberi kan pegangan yang lebih kokoh tentang masa depan yang lebih pasti bagi manusia. Di samping itu, sistem kepercayaan yang benar dan dihayati dengan mendalam akan menjadikan manusia sebagai seorang yang memiliki takwa. Takwa merupakan motivator dan pengendali setiap gerak  langkah kita agar tidak terjerumus pada suatu yang dilarang Allah SWT.

2. Agama sebagai sistem ibadah, agama akan memberi petunjuk kepada manusia tentang tata cara berkomunikasi dengan Tuhan menurut jalan yang dikehendaki-Nya sendiri, berkomunikasi dalam rangka mengabdi kepada-Nya, mendekatkan diri dan mengadukan segala persoalan yang dihadapi seraya memohon pertolongan. Sistem ini tidak diragukan akan manfaatnya yang dapat menetralisir keadaan jiwa manusia sehingga tercipta suasana optimisme dalam hidup.

3. Agama sebagai sistem kemasyarakatan, agama akan memberi pedoman dasar dan ketentuan pokok yang harus dipegangi oleh manusia dalam mengatur hubungannya dengan sesama, baik sebagai individu maupun kelompok, yang akhirnya tercipta aturan-aturan yang harus disepakati, yang di antaranya meliputi hak dan kewajiban (Rasjidi dkk, 1997 : 138-139)

   Fungsi-fungsi agama hendaknya selalu dijadikan sebagai bagian penting dalam kehidupan kita agar tidak menjadi sekuler, dan muslim KTP (orang yang mengaku muslim tetapi tidak memiliki komitmen untuk mengamalkan ajaran agama islam). Agama perlu difungsikan untuk memberikan pencerahan spiritual bagi kita agar kita semakin dekat dengan Allah, sebab orang yang jauh dari agama berarti orang itu juga jauh dari Allah, orang-orang yang jauh dari Allah berarti orang itu juga jauh dari kebahagiaan yang hakiki, dan orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan hakiki berarti orang itu tidak mendapat kesempatan untuk mendapat rahmat (kasih sayang) Allah SWT. Nau'dlubillah

Dikutip dari : TIM Dosen PAI UNESA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar